Mitra Penting Indonesia di Luar Negeri, Para Indonesianis di Meksiko Tampilkan Tari-Tarian Khas Indonesia

By Abdi Satria


nusakini.com-Meksiko – KBRI Mexico City dukung pertunjukan budaya Indonesia yang diselenggarakan oleh para alumni Darmasiswa dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia yang berasal dari Meksiko (11/12/2021). Para alumni kedua program tersebut mendirikan grup tari bernama “Compania Tari Bali Mexico" sejak 10 tahun yang lalu.

Kegiatan bertajuk “Funcion Especial de Fin de Ano" ini, merupakan perayaan pendirian grup tari tersebut. Para alumni menampilkan berbagai tarian Indonesia asal Bali, Sumatra dan Jawa. Aneka jenis tari legong pun ditarikan secara profesional dalam pertunjukan tersebut: tari legong kupu-kupu tarum, tari legong lanang, dan tari legong sudarsana. Selain aneka tari legong, tari lainnya yang ditarikan adalah tari wiranata, tari jauk manis, tari topeng indramayu dan tari randai. Sekitar 7 orang penari menyuguhkan 7 tarian yang beragam.

Acara “Funcionn Especial de Fin de Ano" berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu (11-12/12/2021). Pertunjukan “Funcion Especial de Fin de Ano" merupakan salah satu bentuk wajah Indonesia di Meksiko. Para Indonesianis merupakan mitra penting Perwakilan Indonesia di luar negeri, meski bukan orang Indonesia, mereka telah jatuh cinta kepada kebudayaan Indonesia dan turut menjadi duta budaya Indonesia. (rls)